filsafat pendidikan
Filsafat Pendidikan
Pentingnya Filsafat Pendidikan
Filsafat pada dasarnya mengajarkan orang-orang untuk berfikir kritis dan mendalam terhadap sesuatu. Filsafat pendidikan ialah nilai-nilai dan keyakinan-keyakinan filsafat yang menjiwai, mendasari dan memberikan identitas (karakteristik) suatu sistem pendidikan.
Kata filsafat berasal dari bahasa yunani yaitu philosophia yang berarti cinta pengetahuan terdiri dari kata philos yang berari cinta, senang dan suka dan sophia yang berarti pengetahuan, hikmah, dan kebijaksanaan (Ali, 1986: 7). Filsafat menurut asal katanya adalah cinta dan kebenaran (Hasan Shadily 1984: 9).
Dasar dan Tujuan Filsafat Pendidikan PAUD
Untuk mendukung mewujudkan anak usia dini yang berkualitas, maju, mandiri, demokrasi, dan berprestasi, maka filsafat pendidikan di TPA dapat dirumuskan menjadi: Tempa, Asah, Asih, dan Asuh.
- Tempa: yaitu mewujudkan kualitas fisik anak usia dini melalui upaya pemeliharaan kesehatan. Kesehatan adalah yang paling penting, jika anak tidak sehat maka perkembangan segala aspek akan terganggu dan tidak akan terkembangkan dengan baik. Untuk itu ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan anak usia dini yaitu pola makan anak, Makanan merupakan hal yang paling utama yang harus diperhatikan oleh orang tua ataupun orang dewasa yang ada disekitar anak, karena salah satu sumber penyakit berasal dari makanan yang kita makan. Selanjutnya olahraga, menjaga kebersihan, istirahat yang cukup.
- Asah: yaitu memberi dukungan kepada anak untuk dapat belajar melalui bermain agar memiliki pengalaman yang berguna dalam mengembangkan seluruh potensinya. Agar semua potensi yang anak miliki terkembangkan dengan baik orang tua, guru ataupun orang dewasa yang ada di sekitar anak harus memfasilitasi dan memotivasi anak untuk dapat mengembangkan semua potensiyang dimilikinya.
- Asih: Asih merupakan penjaminan dalam pemenuhan kebutuhan anak untuk mendapatkan perlindungan dari pengaruh yang dapat merugikan pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak sangat membutuhkan rasa aman dan nyaman dalam setiap proses pertumbuhan dan perkembangan nya.
- Asuh: yaitu pembentukan perilaku dan kualitas kepribadian dan jati diri anak melalui pembiasaan yang dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. orang tua, guru dan orang dewasa yang ada di lingkungan anak harus mengaplikasikan hal-hal yang baik dan positif kepada anak.
Prinsip Umum PAUD
- Berorientasi pada kebutuhan anak: PAUD yang baik ialah yang mampu menyesuaikan dengan kebutuhan anak baik dari proses pembelajaran nya atau pun perkembangan anak.
- Sesuai dengan Perkembangan anak: guru atau pun orang tua mampu mengembangkan aspek perkembangan anak sesuai dengan tahapan usia anak.
- Kegiatan belajar dilakukan dengan bermain: proses pembelajaran pada anak usia dini dilakukan dengan sambil bermain, karena anak usia dini sangat dikenal dengan belajar sambil bermain dan bermain seraya belajar.
Daftar Puataka
Soegono,dkk. 2012. filsafat dan pendidikan teori dan praktik. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Jalaludin, dkk. 2013. filsafat pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan revisi cet. 3. Jakarta. Rajawali Pers.
Apa perbedaan asih dan asuh jlas kan
ReplyDeleteBagus sekali. Menambah pengetahuan saya. Saya rasa jika di paparkan cara menempa, maengasuh mengasih dan mengasah anak dengan baik dan benar mungkin bisa. Lebih menjadikan pelajaran yang cukup baik.
ReplyDelete