kurikulum dan perencanaan materi 2
FUNGSI
DAN PERANAN KURIKULUM
1.
Fungsi kurikulum bagi Guru, Kepala
Sekolah, Orang Tua dan Masyarakat
a. Fungsi
kurikulum bagi Guru
Guru adalah faktor
kunci dalam keberhasilan suatu kurikulum. Sebaik apapun kurikulum disusun pada
akhirnya tergantung pada kemampuan guru menerapkan nya dilapangan, guru bukan hanya berfungsi sebagai pengembang
kurikulum tetapi jugasebagai pelaksana kurikulum.
Guru sangat dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensinya sesuai
dengan perkembangan kurikulum itu sendiri. Kurikulum adalah sebagai acuan yang
digunakan oleh guru untuk disampaikan kepada peserta didik.
b.
Fungsi
kurikulum bagi Kepala Sekolah
Kurikulum berfungsi sebagai
pedoman dalam mengatur dan membimbing kegiatan sehari-hari di sekolah baik
berupa kegiatan ekstrakurikuler, intrakurikuler maupun kokurikuler. Kepala sekolah
sangat dituntut untuk menguasai administrasi kurikulum dan mengontrol
kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.
c.
Fungsi
kurikulum bagi Orang Tua
Orang tua tetap ikut serta
membantu tercapai nya tujuan pembelajaran meski anak nya sudah diserahkan
kepada sekolah, partisipasi orang tua adalah salah satu factor penunjuang dalam
tercapai nya tujuan pembelajaran dan
kemajuan putra putrid nya.
d.
Fungsi
kurikulum bagi Masyarakat
Bagi masyarakat kurikulum
berfungsi sebagai pemberian pencerahan dan perluasan wawasan pengetahuan dalam
berbagai bidang kehidupan. Baik dalam bidang pengetahuan, keterampilan, sikap,
dan nilai-nilai yang dubutuhkan dalam kurikulum suatu sekolah.
2.
Fungsi
kurikulum bagi Siswa
Bagi siswa kurikulum
berfungsi sebagai pedoman dalam belajar. Dengan adanya kurikulum siswa akan
mengetahui apa-apa saja yang harus dicapai dalam pembelajaran, bahan-bahan yang
harus dikuasai, dan pengalaman belajar yang harus dilakukan demi tercapai nya
tujuan.
3.
Peranan
kurikulum konservatif, kreatif, kritis dan evaluatif
a.
Peranan
Konservatif
Yaitu sebagai sarana untuk mentransmisikan nilai-nilai warisan budaya
yang dianggap masih relevan.
b.
Peranan
Kreatif
Menekankan bahwa kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru
sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan masyarakat sekarang atau
pun yang akan datang. Artinya kurikulum harus tetap berkembang sesuai kemajuan
zaman dan menyesuaikan dengan zamannya.
c.
Peranan
Kritis dan Evaluatif
Kurikulum juga berperan
untuk menyeleksi nilai-nilai yang mana yang mesti hrus tetap dipertahankan dan
mana yang tidak dipakai lagi dan itu semua sesuai dengan perkembangan zaman. Kurikulum
sangat berperan dalam menyeleksi dan mengevaluasi segala sesuatu yang dianggap
bermanfaat untuk kehidupan anak.
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Zainal. 2012. Konsep dan Model Pengeembangan Kurikulum cet. Kedua. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya
Coba suci berikan contoh dari peranan kurikulum konservatif?
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteSuci coba berikan contoh dari peran kurikulum aktif
ReplyDeletetolong berikan contoh tentang peranan kurikulum krisis dan evaluatif?jelaskan!
ReplyDeleteCoba suci jelaskan bagaimana cara guru untuk meningkatkan kompetensi anak didik dengan menggunakan kurikulum??
ReplyDeleteApa yang paling mendasar dari kurikulum jelaskan
ReplyDeleteBagaimana menurut suci orang tua yg tidak tau dengan Fungsi kurikulum
ReplyDeleteMengapa kurikulum harus berperan kreatif dan apa tujuannya?
ReplyDeleteCoba Jelaskan contoh fungsi kurikulum bagi masyarakat?
ReplyDelete