materi 7 kurikulum


11.  Pendekatan pengembangan kurikulum dari sudut pandang kebijakan pengembangan kurikulum , pengorganisasian isi kurikulum dan orientasi penyususnan kurikulum 


       Dalam  organisasi kurikulum  dapat diartikan susunan pengalaman pembagian baku yang harus di sampaikan dan di lakukan peserta didik menguasai kompetensi yang di tetapkan .
     Pengalaman tersebut dapat di rasakan langsung oleh peserta didik sebagai hasil secara langsung dengan dunia sekitatarnya ,organisasi kurikulum berhubungan erat dengan kualitas ilmu dan pengalaman belajar peserta didik. organisasi organisasi isi kurikulum ini telah di atur sedemikian rupa untuk di kembangkan lebih mendalam sehingga peserta didik memperoleh sesuatu berharga dari pendidikan yang telah di tetapkan oleh D . Mc Neil (1977)
             Pada orientasi penyusunan kurikulum yaitu di mana isi kurikulum  materi yang di susnn oleh para ahli terbagi dua yaitu unifield atau consetraid intregrated maksudnya yaitu sistem yang menggunakan jenis dan bentuk evaluasi yang bervariasi seperti tes dan non tes evaluasi ini lebih mengutamakan hasil sesuai dengan kriteria pencapaian

22.   Model-model pengembangan kurikulum:
Dalam mengembangkan kurikulum ada beberapa model dalam pengembangannya, diantaranya:
a.       Model kurikulum humanistik
Pada model ini kurikulum sangat mengutamakan perkembangan anak sebagai individu dalam segala aspek kepribadian. Fungsi ddari kurikulum itu sendirii ialah menyiapkan peserta didik dengan berbagai pengalaman yang sangat berperan dalam perkembangan individu itu sendiri.
Dalam kurikulum ini guru diharapkan dapat membangun hubungan emosional yang baik dengan peserta didiknya yang berguna untuk perkembangan individu selanjutnya.
Evaluasi dalam kurikulum ini lebih member penekanan pada proses yang dilakukan.

Jadi kesimpulannya: kurikulum humanistic ini sangat mengutamakan individu itu sendiri dan berfungsi untuk menyiapka individu dengan pengalaman yang baik dan dari pengalaman itu sendiri berfungsi untuk perkembangan individu selanjutnya.


b.      Model subjek akademik
Kegiatan belajar dalam kurikulum ini lebihh banyak diarahkan untuk penguasaan isi materi sebanyak banyak nya. Isi kurikulum diambil dari disiplin-disiplin ilmu yang telah diorganisasikan sesuai dengan tujuan pendidikan

c.       Model rekonstruksional sosial
Pada kurikulum ini yang sangat diperhatikan ialah hubungan dari kurikulum itu sendiri dengan masyarakat. Untuk mewujudkan kurikulum ini peran orang tua dan maasyarakat sangat berperan dalam mengajar dan dalam pelayanan sosial.
Kurikulum ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi permasalahan manusia dan kemanusiaan.

Kesimpulannya menurut saya model kurikulum rekonstruksional ini masyarakat dan orang tua sanngat berperan dalam terwujudnya kurikulum ini.

d.      Model teknologis
Teknologi sangat sangat memantu menganalisis masalah kurikulum, baik dalam hal pembuatan, implementasi, evaluasi dan instruksional.
Inti dari kurikulum teknologi ini ialah keyakinan bahwa materi kurikulum yang digunakan oleh pesertaa didik seharusnya dapat menghasilkan kompetensi khusus bagi mereka.

Kesimpulan nya menurut saya: kurikulum model teknologi ini yaitu bertujuan untuk menciptakan peserta didik yang memiliki kemampuan khusus dalam suatu teknologi.

a3.   Prosedur pengembangan kurikulum tematik 


    Penggunaan kurikulum tematik di sekolah mengarah pada peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran. Penggunaan model kurikulm tematik ini berimplikasikan pada proses penciptaan situasi belajar dan mengajar di mana siswa mempelajari beberapa mata pelajaran secara terpadu dan satu tema. Pemersatu model kurikulum tematik di sekolah juga memberi peluang untuk membangun pengetahuan secara utuh dalam ilmu pelajaran (ROBIN FORGETY 1991) di dalam kurikulum tematik sistem lluwes di terapkan dimana pendidik dapat mengaitkan bahan ajar dari satu mata pelajaran dengan pelajaran lainnya bahkan mengkaitkannya dengan kehidupan siswa dan keadaan lingkungan sekolahnya. adapun karakteristik dari kurikulum tematik nin menurut tim pengembang pgsd 1997 adalah (abdul madjid 2014 ; 127)
dari urain di atas dapat di simpulkan dirancang untuk memudahkan anak dalam proses pembelajaran

b4.   Manfaat pengembangan kurikulum tematik 


     Manfaat dari kurikulum ini adalah pelajaran ini dapat memberikan pengalaman langsung pada siswa, dengan pengalaman langsung tersebut siswa di hadapkan pada sesuatu yang nyata dan siswa juga di berikan kesempatan untuk mengoptimalkan potensi yang di miliki sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Yang paling menarik dari manfaat pengembangan kurikulum tematik ini adalah menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan sehingga siswa tidak merasa terbebani oleh pelajaran yang di hadapinya juga terhadap guru, di mana guru lebih senang dengan sesuatu yang sudah biasa di lakukannya tanpa di barengi pemahaman yang tuntas dan inovasi yang di kembangkan .



daftar pustaka
   Hamalaik Oemar. 2013. DASAR DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM. Bandung: PT Remaja Rosdakarya 


   Arifin  Zainal .2011.konsep dan pengembangan kurikulum.bandung :PT Remaja Rosdakarya  suciputriamelia.blogspot.com










Comments

  1. Sebutkan contoh dari model model pengembangan kurikulum ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

materi 14 filsafat pendidikan : intelektualisme dan spiritualisme

materi 15 kurikulum dan perencanaan: cara evaluasi kurikulum PAUD

materi 15 dan 16 filsafat pendidikan