materi 7 kurikulum
11. Pendekatan
pengembangan kurikulum dari sudut pandang kebijakan pengembangan kurikulum ,
pengorganisasian isi kurikulum dan orientasi penyususnan kurikulum
Dalam organisasi kurikulum dapat diartikan susunan
pengalaman pembagian baku yang harus di sampaikan dan di lakukan peserta didik
menguasai kompetensi yang di tetapkan .
Pengalaman tersebut dapat di rasakan langsung oleh peserta didik
sebagai hasil secara langsung dengan dunia sekitatarnya ,organisasi kurikulum
berhubungan erat dengan kualitas ilmu dan pengalaman belajar peserta didik.
organisasi organisasi isi kurikulum ini telah di atur sedemikian rupa untuk di
kembangkan lebih mendalam sehingga peserta didik memperoleh sesuatu berharga dari
pendidikan yang telah di tetapkan oleh D . Mc
Neil (1977)
Pada
orientasi penyusunan kurikulum yaitu di mana isi kurikulum materi yang di
susnn oleh para ahli terbagi dua yaitu unifield atau consetraid intregrated
maksudnya yaitu sistem yang menggunakan jenis dan bentuk evaluasi yang
bervariasi seperti tes dan non tes evaluasi ini lebih mengutamakan hasil sesuai
dengan kriteria pencapaian
22. Model-model
pengembangan kurikulum:
Dalam mengembangkan kurikulum ada beberapa model dalam
pengembangannya, diantaranya:
a.
Model
kurikulum humanistik
Pada model
ini kurikulum sangat mengutamakan perkembangan anak sebagai individu dalam
segala aspek kepribadian. Fungsi ddari kurikulum itu sendirii ialah menyiapkan
peserta didik dengan berbagai pengalaman yang sangat berperan dalam
perkembangan individu itu sendiri.
Dalam kurikulum
ini guru diharapkan dapat membangun hubungan emosional yang baik dengan peserta
didiknya yang berguna untuk perkembangan individu selanjutnya.
Evaluasi dalam
kurikulum ini lebih member penekanan pada proses yang dilakukan.
Jadi kesimpulannya:
kurikulum humanistic ini sangat mengutamakan individu itu sendiri dan berfungsi
untuk menyiapka individu dengan pengalaman yang baik dan dari pengalaman itu
sendiri berfungsi untuk perkembangan individu selanjutnya.
b.
Model
subjek akademik
Kegiatan belajar
dalam kurikulum ini lebihh banyak diarahkan untuk penguasaan isi materi
sebanyak banyak nya. Isi kurikulum diambil dari disiplin-disiplin ilmu yang
telah diorganisasikan sesuai dengan tujuan pendidikan
c.
Model
rekonstruksional sosial
Pada kurikulum
ini yang sangat diperhatikan ialah hubungan dari kurikulum itu sendiri dengan
masyarakat. Untuk mewujudkan kurikulum ini peran orang tua dan maasyarakat sangat
berperan dalam mengajar dan dalam pelayanan sosial.
Kurikulum ini
bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi permasalahan
manusia dan kemanusiaan.
Kesimpulannya
menurut saya model kurikulum rekonstruksional ini masyarakat dan orang tua
sanngat berperan dalam terwujudnya kurikulum ini.
d.
Model
teknologis
Teknologi sangat
sangat memantu menganalisis masalah kurikulum, baik dalam hal pembuatan,
implementasi, evaluasi dan instruksional.
Inti dari
kurikulum teknologi ini ialah keyakinan bahwa materi kurikulum yang digunakan
oleh pesertaa didik seharusnya dapat menghasilkan kompetensi khusus bagi
mereka.
Kesimpulan nya
menurut saya: kurikulum model teknologi ini yaitu bertujuan untuk menciptakan
peserta didik yang memiliki kemampuan khusus dalam suatu teknologi.
a3. Prosedur
pengembangan kurikulum tematik
Penggunaan kurikulum tematik di sekolah mengarah pada peningkatan
mutu pendidikan dan pembelajaran. Penggunaan model kurikulm
tematik ini berimplikasikan pada proses penciptaan situasi belajar dan mengajar
di mana siswa mempelajari beberapa mata pelajaran
secara terpadu dan satu
tema.
Pemersatu
model kurikulum tematik di sekolah juga memberi peluang untuk membangun
pengetahuan secara utuh dalam ilmu pelajaran (ROBIN FORGETY 1991) di dalam
kurikulum tematik sistem lluwes di terapkan dimana pendidik dapat mengaitkan
bahan ajar dari satu mata pelajaran dengan pelajaran lainnya bahkan
mengkaitkannya dengan kehidupan siswa dan keadaan lingkungan sekolahnya. adapun
karakteristik dari kurikulum tematik nin menurut tim pengembang pgsd 1997
adalah (abdul madjid 2014 ; 127)
dari urain di atas dapat di
simpulkan dirancang untuk memudahkan anak dalam proses pembelajaran
b4. Manfaat
pengembangan kurikulum tematik
Manfaat dari kurikulum ini adalah pelajaran ini dapat memberikan pengalaman
langsung pada siswa, dengan pengalaman langsung tersebut siswa di
hadapkan pada sesuatu yang nyata dan siswa juga di berikan kesempatan untuk
mengoptimalkan potensi yang di miliki sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Yang paling menarik dari
manfaat pengembangan kurikulum tematik ini adalah menggunakan prinsip belajar
sambil bermain dan menyenangkan sehingga siswa tidak merasa terbebani oleh
pelajaran yang di hadapinya juga terhadap guru,
di mana guru lebih
senang dengan sesuatu yang sudah biasa di lakukannya tanpa di barengi pemahaman
yang tuntas dan inovasi yang di kembangkan .
daftar pustaka
Hamalaik Oemar. 2013. DASAR DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arifin Zainal .2011.konsep dan pengembangan kurikulum.bandung
:PT Remaja Rosdakarya suciputriamelia.blogspot.com
Sebutkan contoh dari model model pengembangan kurikulum ?
ReplyDelete