materi 10-11 kurikulumdan perencanaan: perencanaan penyususnan kurikulum PAUD



PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
1.                                                                                                                       1. Visi – Misi Tujuan
Visi kuikulum yaitu terlaksananya pendidikan yang bersifat wawasan dan dalam pelaksanaan pembelajaran, sehingga dapat menjadi acuan untuk siswa dan guru dalam mencapai pendidikan yang madani seperti yang di jabarkan UU DIKNAS NO 20 Tahun 2003 yaitu bertujuan untuk mengembangkan potensi bakat anak didik agar menjadi peserta didik yang beriman, berakhlak mulia, bertaqwa kepada tuhan yang maha Esa.
Misi yaitu menjadikan kurikulum yang pembelajarannya berkopetensi serta karakter siswa yang berisikan perpaduan keterampilan dan sikap yang dapat didemontrasikan didepan kelas mengacu pada UU No 20  2003 yang menyatakan kurikulum itu sendiri haruslah bertujuan untuk kelangsungan Pendidikan Nasional yang mengarahkan siswa dapat menerapkan ilmunya pada masa yang akan datang.

2.                                                                                                                       2. Analisis Siswa Tentang Pengetahuan Sikap
Penilaian kompetensi keterampilan merupakan yang dilakukan terhadap peserta didik untuk menilai sejauh mana dimensi keterampilan untuk anak didik dilakukan apakah lulusan anak didik tersebut memilki kualifikasi kemampuan berfikir dan tindakan efektif dalam nilai abstrak cakupan nilai keterampilan itu adalah cara menyaji, mengolah dan menalar.

3.                                                                                                                       3. Desain Struktur Kurikulum
Desain suatu kuriklum meliputi dan merupakan suatu proses pengembangan kurikulum yang diawali perencanaan, yang dilanjutkan dengan validasi, implementasi dan evaluasi. Proses pengembangan tersebut bersifat menyeluruh dan dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan. Ada delpan prinsip sebagai acuan dalam mendasain kurikulum, diantaranya:
1.    Desain kurikulum harus memudahkan dan mendorong seleksi serta pengembangan semua jenis pengalaman belajar yang esensial bagi pencapaian prestasi belajar,sesuai hasil yang diharapkan.
2.    Desain membuat bebagai pengalaman belajar yang bermakna dalam rangka merealisasikan tujuan-tujuan pendidikan,khususnya bagi kelompok siswa ang belajar dengan bimbingan guru.
3.    Desain harus memungkinkan dan menyediakan peluang bagi guru untuk menggunakan prinsip-prinsip belajar dalam memilih,membimbing dan mengembangkan berbagai kegiatan belajar di sekolah.
4.    Desain harus memungkinkan guru untuk menyesuaikan pengalaman dengan kebutuhan kapasitas,dan tingkat kematangan siswa
5.    Desain harus mendorong guru mempertimbangkan berbagai pengaaman dari belajar anak yang diperoleh diluar sekolah dan mengkaitkannya dengan kegitan belajar disekolah.
6.    Desain harus menyediakan pengalaman belajar yang berkesinambungan ,agar kegiatan belajar siswa berkembang sejalan dengan perkembangan terdahulu dan terus berlanjut pada pengalaman berikutnya .
7.    Kurikulum harus didesain agar dapat membantu siswa mengembangkan watak,kepribadian,pengalaman,dan nilai-nilai demokrasi yang menjiwai kultur
8.    Desain kurikulum harus realistis,layak,dan dapat diterima.










Daftar pustaka
Hamalik Oemar. 2013. Dasar Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Sanjaya Wina. 2011. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Comments

  1. Apakah visi dan misi tujuan dalam perencanaan kurikulum paud itu saling berkaitan?? Bagaimana jika salah satunya tidak ada dalam kurikulum paud?

    ReplyDelete
  2. Mengapa dalam perencanaan kurikulum harus ada desain struktur kurikulum !

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

materi 14 filsafat pendidikan : intelektualisme dan spiritualisme

materi 15 kurikulum dan perencanaan: cara evaluasi kurikulum PAUD

materi 15 dan 16 filsafat pendidikan