materi 10-11 kurikulumdan perencanaan: perencanaan penyususnan kurikulum PAUD
PERENCANAAN KURIKULUM
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
1.
1.
Visi – Misi Tujuan
Visi
kuikulum yaitu terlaksananya pendidikan yang bersifat wawasan dan dalam
pelaksanaan pembelajaran, sehingga dapat menjadi acuan untuk siswa dan guru
dalam mencapai pendidikan yang madani seperti yang di jabarkan UU DIKNAS NO 20
Tahun 2003 yaitu bertujuan untuk mengembangkan potensi bakat anak didik agar
menjadi peserta didik yang beriman, berakhlak mulia, bertaqwa kepada tuhan yang
maha Esa.
Misi
yaitu
menjadikan kurikulum yang pembelajarannya berkopetensi serta karakter siswa
yang berisikan perpaduan keterampilan dan sikap yang dapat didemontrasikan
didepan kelas mengacu pada UU No 20 2003
yang menyatakan kurikulum itu sendiri haruslah bertujuan untuk kelangsungan
Pendidikan Nasional yang mengarahkan siswa dapat menerapkan ilmunya pada masa
yang akan datang.
2.
2.
Analisis Siswa Tentang Pengetahuan Sikap
Penilaian
kompetensi keterampilan merupakan yang dilakukan terhadap peserta didik untuk
menilai sejauh mana dimensi keterampilan untuk anak didik dilakukan apakah
lulusan anak didik tersebut memilki kualifikasi kemampuan berfikir dan tindakan
efektif dalam nilai abstrak cakupan nilai keterampilan itu adalah cara menyaji,
mengolah dan menalar.
3.
3.
Desain Struktur Kurikulum
Desain
suatu kuriklum meliputi dan merupakan suatu proses pengembangan kurikulum yang
diawali perencanaan, yang dilanjutkan dengan validasi, implementasi dan
evaluasi. Proses pengembangan tersebut bersifat menyeluruh dan dilaksanakan
secara bertahap dan berkesinambungan. Ada delpan prinsip sebagai acuan dalam
mendasain kurikulum, diantaranya:
1.
Desain kurikulum harus memudahkan dan
mendorong seleksi serta pengembangan semua jenis pengalaman belajar yang
esensial bagi pencapaian prestasi belajar,sesuai hasil yang diharapkan.
2.
Desain membuat bebagai pengalaman
belajar yang bermakna dalam rangka merealisasikan tujuan-tujuan
pendidikan,khususnya bagi kelompok siswa ang belajar dengan bimbingan guru.
3.
Desain harus memungkinkan dan
menyediakan peluang bagi guru untuk menggunakan prinsip-prinsip belajar dalam
memilih,membimbing dan mengembangkan berbagai kegiatan belajar di sekolah.
4.
Desain harus memungkinkan guru untuk
menyesuaikan pengalaman dengan kebutuhan kapasitas,dan tingkat kematangan siswa
5.
Desain harus mendorong guru mempertimbangkan
berbagai pengaaman dari belajar anak yang diperoleh diluar sekolah dan
mengkaitkannya dengan kegitan belajar disekolah.
6.
Desain harus menyediakan pengalaman
belajar yang berkesinambungan ,agar kegiatan belajar siswa berkembang sejalan
dengan perkembangan terdahulu dan terus berlanjut pada pengalaman berikutnya .
7.
Kurikulum harus didesain agar dapat
membantu siswa mengembangkan watak,kepribadian,pengalaman,dan nilai-nilai
demokrasi yang menjiwai kultur
8.
Desain kurikulum harus realistis,layak,dan
dapat diterima.
Daftar pustaka
Hamalik Oemar. 2013. Dasar Dasar
Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Sanjaya Wina. 2011. Kurikulum Dan
Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Apakah visi dan misi tujuan dalam perencanaan kurikulum paud itu saling berkaitan?? Bagaimana jika salah satunya tidak ada dalam kurikulum paud?
ReplyDeleteMengapa dalam perencanaan kurikulum harus ada desain struktur kurikulum !
ReplyDelete