materi 8-9 kurikulum dan perencanaan : hakikat perencanaan pembelajaran
HAKIKAT PERENCANAAN PEMBELAJARAN
A. KONSEP PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Perencanaan berasal dari kata rencana yaitu
pengambilan keputusan tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Perencanaan
adalah menyelesaikan dan menghubungkan pelajaran dengan kegiatan anak didik di
sekolah jadi yang di maksud dengan konsep perencanaan pembelajaran adalah
pembelajaran yang telah di susun bersama para ahli bidang ilmu masing-masing
demi terlaksananya suatu pembelajaran. Dan pembelajaran itu sendiri menurut
Degeng adalah upaya untuk membelajarkan siswa dalam upaya menuntut ilmu. Dan di
dalam metode ini guru di tuntut umtuk mengembangkan metode yang telah di tetapkan yaitu metode penilaian,
penetapan, dan pengembangan.
Jadi konsep perencanaan pembelajaran ada berupa garis
besar ( outline ) antara apa yang akan di kerjakan oleh guru dan juga pederta
didik selama dalam proses pembelajaran. Baik untuk sekali pertemuan maupun
meliputi beberapakali pertemuan. Disini nampak mana guru yang telah berpalaman
dan mana yang belum berpengalaman.
B. FUNGSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Fungsi dari perencanaan pembelajaran itu sendiri ada
dua fungsi yaitu:
1. Fungsi perencenaan yaitu dimana rencana pelaksanaan
pembelajaran hendaknya dapat mendorong guru untuk lebih siap melakukan
kegiatan pembelajaran dengan perencanaan yang matang.
2. fungsi pelaksanaan yaitu penimbangan wacana
pelaksanaan pembelajaran harus disusun secara sistimatik untuk dan menyeluruh
dengan beberapa kemungkinan penyesuaian dalam situasi pembelajaran yang aktual
dan praktis sehingga kegiatan pembelajaran harus terorganisasi melalalui
serangkaian kegiatan tertentu dengan suatu strategi.
Jadi fungsi dari perencanaan pembelajaran itu sendiri
tergantung dari guru sebagai pendidik wajib memiliki persiapan apa yang kita
ajarkan pada anak didk kita, dosa hukumnya bagi guru yang tidak memiliki
perencanaan pembelajaran, hal tersebut dapat merusak mental dan moral peserta
didik. Di sini guru harus paham dengan komponen komponen dalam pengembangan RPP
yaitu kompetensi inti, kompetensi dasar, materi standar, hasil belajar, indikator
hasil belajar, penilaian dan prosedur pembelajaran.
C. TUJUAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Yang di maksud dengan tujuan perencanaan pembelajaran
adalah di sini adalah di mana pernyataan tentang hasil pembelajaran apa yang
akan di terapkan oleh guru kepada siswa. Tujuan ini bisa sangat umum dan sangat
khusus atau di mana saja dalam kontinu khusus.
Perencanaan pada dasarnya bertujuan memberi pegangan bagi para pihak yang
terkait mulaidari level makro ( para pengambil kebijakan ) sampai mikro (
pelaksana ) di lapangan agar mengetahui arah yang dituju untuk mengurangi
dampak perubahan, mengurangi pemborosan dan kesia-siaan serta menetapkan acuan
untuk memudahkan pengawasan.
Perencanaan pembelajaran memainkan peran penting dalam memandu guru untuk
melaksanakan tugas sebagai pendidik dan pengajar dalam melayani kebutuhan
peserta didiknya. Perencanaan pembelajaran juga dimaksudkan sebagai langkah
awal sebelum proses pembelajaran berlangsung.kaitannya dengan hal tersbut maka
tujuan dilakukannya kegiatan perencanaan pembelajaran dapat dirincika sebagai
berikut.
- Sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai sassaran tujuan pembelajaran
- Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam Kegiatan pembelajaran
- Sebgai pedoman kerja bagi setiap unsur baik unsur guru maupun unsur peserta didik
- Sebagai alat untuk mengukur efektif tidaknya suatu program pembelajaran
- Sebagai bahan penyusunan dan agar terjadi keseimbangan kerja dalam proses pengimplementasian suatu program pembelajaran
D. KOMPONEN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Komponen perencanaan pembelajaran yaitu merupakan
suatu sistem pelaksanaan pembelajaran yang merupakan introgasi dari beberapa
komponen yang memiliki fungsi tersendiri dengan maksud dan tujuan agar
pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan jalurnya.
Macam macam komponen yang ada pada kompenen
perencanaan pembelajaran yaitu: :
1. tujuan yaitu tujuan pembelajaran umum meliputi standar
kompotensi
2. strategi pembelajaran yaitu suatu cara yang di gunakan
untuk menympaikan informasi dan materi pembelajaran
3. media pembelajaran yaitu media yang menyedia kan
berupa sofware dan hardware untuk membantu proses interaksi antara guru dan
siswa.
4. evaluasi pembelajaran yaitu merupakan alat ,indikator
untuk menilai pencapaian tujuan tujuan telah di tentukan.
Jadi itulah tujuan dari komponen perencanaan
pembelajaran yang mana juga berfungsi untuk keberhasilan proses pembelajaran
komponen komponen tersebut juga merupakan suatu sistim yang tidak dapat di pisahkan
dalam kegiatan pembelajaran
E.
PRINSIP PRINSIP PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Dalam hal ini harus di perhatikan agar guru jangan
hanya berperan sebagai transformator tetapi harus berperan sebagai motifator
yang dapat membangkitkan gairah dan keinginan belajar peserta didik dan
mendorong mereka menggunakan berbagai variasi media dan sumber belajar yang
sesuai, serta menunjang pembentukan standar kompotensi dan kompetensi dasar.
Prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran:
- Setiap perencanaan pembelajaran harus secara utuh memuat kompetensi dasar sikap spiritual,sosial, pengetahuan, dan keterampilan
- Satu rencana pembelajaran dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih
- Memerhatikan perbedaan individupesreta didik
- Berpusat pada peserta didik
- Berbasis konteks
- Berorientasi keahlian
- Mengembangkan kemandirian belajar
- Memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
- Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antar kompetensi dan antar muatan
- Memanfaatkan tenologi, informasi dan komunikasi
Prinsip
perencanaan pembelajaran merupakan pemikiran, pengambil keputusan dan
pertimbangan guru, serta memerlukan usaha intelektual.
Guru profesional harus mampu mengembangkan rpp yang baik logis dan sistematis; karena di samping untuk pembelajaran rpp mengemban profesional accountability sehingga guru dapat mempertanggung jawabkan apa yang dilakukannya. Rpp yang di kembangkan guru memiliki makna yang cukup mendalam bukan hanya kegiatan rutinitsuntuk memenuhi kelengkapan administratif tetapi merupakan cermin dari pandangan sikap dan keyakinan profesional guru mengenai apa yang terbaik untuk peserta didiknya oleh karena itu setiapa guru harus memiliki rpp yang matang sebelum melaksanaan pembelajaran baik persiapan tertulis maupun tertulis.
Guru profesional harus mampu mengembangkan rpp yang baik logis dan sistematis; karena di samping untuk pembelajaran rpp mengemban profesional accountability sehingga guru dapat mempertanggung jawabkan apa yang dilakukannya. Rpp yang di kembangkan guru memiliki makna yang cukup mendalam bukan hanya kegiatan rutinitsuntuk memenuhi kelengkapan administratif tetapi merupakan cermin dari pandangan sikap dan keyakinan profesional guru mengenai apa yang terbaik untuk peserta didiknya oleh karena itu setiapa guru harus memiliki rpp yang matang sebelum melaksanaan pembelajaran baik persiapan tertulis maupun tertulis.
daftar pustaka
Syafrudin Nurdin. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nana Sy. Sukmadinata&Erliany Syaodih. 2012.
Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.
Oemar Hamalik. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Apa yang di maksud dengan berbasis konteks dlam prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran?
ReplyDeleteBagaimana jika dalam komponen perencanaan pembelajaran tidak terdapat salah satu??
ReplyDelete