materi 3 kuikulum dan perencanaan (pgpaud stkip adzkia padang)
LANDASAN
PENGEMBANGAN KURIKULUM
1. Landasan Filosofis
Filsafat
dibutuhkan manusia untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam
berbagai bidang kehidupan manusia. Adapun filsafat yang khusus digunakan atau
diterapkan dalam bidang pendidikan disebut filsafat pendidikan. Filsafta pendidikan
merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam bidang pendidikan. Jika dikaitkan
dengan persoalan pendidikan secara luas, maka filsafat pendidikan merupakan
arah dan pedoman bagi tercapainya pelaksanaan dan tujuan pendidikan.
Setiap
negara tentu mempunyai filsafat yang berbeda. Artinya, landasan filosofis daan
tujuan pendidikannya juga berbeda. Di Indonesia, landasan filosofis
pengembangan sistem pendidikan nasional secara formal adalah Pancasila.
Tujuan
landasan filosofis menjadi faktor penting dalam pengembangan kurikulum, tidak
hanya memberikan arah kemana kurikulum harus dituju melainkan juga sebagai
acuan dan gambaran dalam memilih dan menentukan isi/materi, proses pembelajaran,
dan sistem evaluasi.
2.
Landasan Psikologis
Pengembangan
kurikulum juga sangat dipengaruhi oleh kondisi psikologis individu yang
terlibat didalamnya, karena apa yang ingin disampaikan menuntut peserta didik
untuk melakukan perbuatan belajar atau sering disebut dengan proses belajar. Dalam
pengembangan kurikulum diperlukan dua landasan psikologi yakni psikologi
belajar dan psikologi perkembangan. Kedua landasan tersebut sangat penting
dalam memilih dan menyusun isi kurikulum, proses pembelajaran dan hasil belajar
yang diinginkan.
3.
Landasan Sosiologis
Tujuan
dari pendidikan adalah untuk mempersiapkan peserta didik hidup dalam kehidupan masyarakat.
Asumsinya adalah peserta didik berasal dari masyarakat, di didik oleh
masyarakat, dan harus kembali kepada masyarakat. Ketika peserta didik harus
kembali kepada masyarakat tentu harus dibekali dibekali dengan sejumlah
pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang diperoleh peserta didik
melalui berbagai kegiatan belajar di sekolah. Maka sangat logis jika pengembangan
kurikulum berlandaskan pada kebutuhan masyarakat.
Kurikulum
juga merupakan bagian dari pendidikan, dan pendidikan merupakan bagian dari
masyarakat. Dengan demikian, sangat wajar apabila pengembangan kurikulum sangat
memperhatikan kebutuhan masyarakat dan harus ditunjang oleh masyarakat.
4.
Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Pengembangan
kurikulum harus dapat meningkatkan dan mengmbangkan kemampuan berpikir peserta
didik untuk lebih banyak menghasilkan teknologi baru sesuai dengan perkembangan
zaman dan karakteristik masyarakat indonesia. Pengembangan kurikulum juga harus
difokuskan pada kemampuan peserta didik untuk mengenali dan merevatalisasi
produk teknologi yang telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat indonesia sesuai
dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri.
sumber:
Arifin Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum cetakan pertama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
suciputriamelia.blogspot.com
Dalam landasan psikologis terdapat 2 landasan yang diperlukan untuk mengembangkan kurikulum yaitu psikologis belajar dan psikologis perkembangan... Jelaskan maksud dari psikologis belajar dan psikologis perkembangan tersebut serta berikan contoh!
ReplyDeletePsikologi belajar merupakan ilmu yg mempelajari tentamg bagaimana peserta didik melakukan proses pembelajaran..
DeletePsikologi perkembangan ialah ilmu yg mempelajari bagaimana perkembangan fisik dan psikis anak..
Contoh nya: jika perkembangan anak sedari kecil baik dan terstimulasi dg baik maka anak dalam meberima pembelajaran akan baik juga dan sebaliknya,,
Apa yang di maksud dengan merevatalisasi produk teknologi?
ReplyDeleteMerevatalisasi ialah menghidupkan kembali produk teknolgi²..
DeleteSuci coba sebutkan contoh dari landasan filosofis?
ReplyDeleteContoh nya kalau di negara indonesia ialah pancasila
DeleteBagaimana cara mengimplementasikan landasan psikologis bagi perkembangan kurikulum?
ReplyDeleteApa pnting nya teknologi bgi anak usia dni
ReplyDeleteCoba jelaskan mengapa kurikulum menentukan kualitas pendidikan
ReplyDeleteMenurut saya kurikulum sangat menentukan kualitas pendidikan karena
DeleteKurikulum merupakan alat atau media untuk mencapai pendidikan yg baik